Karimun Jawa (pending) Trip


Sekitar 2 minggu mempersiapkan perjalanan ke Karimun Jawa, Jepara, JawaTengah, Indonesia, sejauh itu cukup lancar.

Mulai dari mencari tiket kereta, hotel, travel, dsb. Bahkan kami juga dapat tiket promo kereta dan diskon untuk hotel. Penghematan yang lumayan.

Akhirnya tiba juga waktu keberangkatan.

 

Senin, 04 Agustus 2014

Pagi hari, ketika hari masih gelap, kami sudah berada di stasiun Gambir, Jakarta. Jam 07.00 WIB kereta sudah berangkat menuju Semarang. Tiba di Stasiun Semarang Tawang, sekitar jam 13.40 WIB.  Istirahat sebentar, makan siang, sholat, dan menunggu travel yang akan menjemput dan mengantar kami ke Jepara.

Setelah menunggu sekitar 40 menit, akhirnya travel yang ditunggu datang juga.

Perjalanan dari Semarang ke Jepara ini memakan waktu sekitar 2 jam.

Ketika di perjalanan, tiba-tiba ada sms masuk. Sms itu ternyata berasal dari pengelola kapal Express Bahari, yang mengabarkan bahwa pelayaran esok hari batal, dikarenakan cuaca buruk dan gelombang tinggi.  Betapa terkejutnya kami ketika mendapat kabar tersebut. Sedikit panik dan kecewa, tapi belum putus harapan. Kami masih berharap esok hari cuacanya membaik sehingga bisa berlayar.

Kami pun menanyakan, kapan sekiranya kami bisa berlayar? Pihak kapal tidak bisa memastikan, karena segala sesuatunya tergantung situasi alam. Pihak kapal memberikan kami referensi untuk mengecek kondisi cuaca melalui BMKG Tanjung Emas. Melalui situs tersebut kita bisa melihat perhitungan kondisi cuaca selama satu minggu kedepan. Khususnya jika kita ingin berlayar ke Karimun Jawa.

Benar saja. Ketika kami membuka situs BMKG tersebut, disitu dinyatakan bahwa gelombang sedang tinggi. Agaknya kami pun harus menerima kenyataan bahwa esok hari memang tidak bisa berlayar. Menurut situs tersebut, gelombang tinggi akan berlangsung sekitar 3 hari. Namun baru benar-benar aman untuk berlayar setelah 5 hari.

 

Selasa, 05 Agustus 2014

Meskipun sudah tahu kapal tidak berlayar, kami tetap datang ke pelabuhan. Pelabuhan tampak sepi. Kapal hanya terparkir saja di dermaga. Ada pengumunan disana, yang memang menyatakan bahwa hari ini tidak ada pelayaran.

20140805_081130

 

Hmm… Sedikit kecewa, tapi ya mau diapakan lagi?

Jadi trip ke Karimunjawa ‘pending’ dulu ya…

Hari itu kami pun memutuskan untuk keliling kota Jepara. Ada beberapa tempat yang kami kunjungi, seperti Museum Kartini, Kura-Kura Ocean Park, dan tentunya Pantai Kartini yang bersebelahan dengan pelabuhan.

Tips:

* Jika ingin berlibur ke Karimunjawa ada baikya cek dulu situs BMKG Tanjung Emas, untuk mengecek kemungkinan bisa berlayar atau tidak.

* Jika anda ingin mendapat perhitungan cuaca selama 1 minggu, maka silahkan download PDF file yang ada di situs BMKG Tanjung Emas  tersebut.

 

Wallahu A’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s