Museum Bank Indonesia


Bismillahirohmannirrohiim…

Baru kali ini aku menemukan museum yang nyaman untuk dikunjungi di Jakarta. Tidak muluk-muluk, aku hanya sangat berharap museum yang aku kunjungi memiliki AC yang dingin dan ruangan yang bersih. Tapi yang ditawarkan museum Bank Indonesia lebih dari itu.

Dilihat dari luar, bentuk bangunannya bagus. Khas bangunan Belanda yang masih terawat. Ketika masuk ke dalam, AC yang dingin langsung terasa. Nyaman….🙂 Interior di dalam juga bernuansa Belanda. Museum ini bersih dan harum seperti gedung perkantoran yang terawat.

Untuk masuk ke arena pameran, pengunjung tidak diperkenankan membawa tas. Jadi tas harus dititipkan di tempat penitipan. Tak perlu khawatir, Insya Allah aman.  Setelah itu aku ke loket pengambilan tiket, Meskipun GRATIS, tapi kita tetap mendapat tiket. Skalian mengisi buku tamu. Diruang ini juga kita sudah dapat melihat loket teller di jaman dulu. Agak mengrikan untuk ku. Terlalu banyak jeruji seperti penjara.

Begitu masuk ke ruang pertama terdapat terater. Tapi sayang sedang tidak ada pemutaran film. Kalau tidak salah pemutaran film diadakan pukul 10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Di ruang berikutnya adalah pelajaran sejarah. Cerita berawal sejak jaman penjajahan, dimana Belanda datang untuk mengambil rempah-rempah.  Ruangan ini sangat menarik, ada berbagai media yang digunakan untuk memjelaskan sejarah, mulai dari patung, TV dan berbagai ornamen lainnya. Ruangan ini cukup gelap dan dingin. Tapi bersih dan tidak terkesan sumpek. Selain itu, tak ketinggalan diputar juga lagu Indonesia. Tapi aku tidak tahu pasti lagu apa yang diputar saat itu.

Papan-papan yang berisi penjelasan cukup banyak. Bentuknya juga modern. Namun yang paling menarik buatku adalah patung-patung yang mensimulasikan bank jaman Belanda.  Lengkap dengan Setting dan kostum ala Belanda. Bahkan tatanan ramabutnya juga Belanda sekali.

Selanjutnya di museum ini menjelaskan perkembangan uang sampai masa sekarang.

Selesai dengan sejarah, masih ada satu area lagi yang perlu didatangi, yaitu area Numismatik. Apa itu Numismatik?  Anda akan mendapatkan jawabannya di museum ini.

Di area ini lebih fokus membahas tentang uang, uang dan uang. Tersedia uang (di Indonesia) dari jaman dulu sampai jaman sekarang. Ada juga uang dari berbagai negara di dunia. Meskipu begitu, uang yang di pamerkan hanya contoh saja. Bukan asli. Banyak dari uang koin berukuran kecil, tapi museum ini menyediakan kaca pembesar di setiap etalase. Jadi kita tetap bisa melihat uang-uang itu dengan jelas.

Selesai dari ruang Numismatik, bagian yang terakhir adalah toko souvenir. Unutk menuju keluar, kita akan melewati toko ini. Disini disediakan berbagai pernak-pernik Museum Bank Indonesia yang bisa dijadikan kenang-kenangan dengan harga yang terjangkau.

Wassalam.

Museum Bank Indonesia

Jam Operasional

Selasa – Jum’at : 08.00 – 15.30 WIB

Sabtu – Minggu : 08.00 – 16.00 WIB

Senin & hari libur nasional TUTUP

Harga Tiket Masuk: GRATIS!!

Alamat: Jl. Pitu Besar Utara No. 3, Jakarta, Indonesia

Link: http://www.bi.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s