KA Pangrango


Kereta Api Pangrango, baru saja diluncurkan pada tanggal 09 November 2013. Meskipun begitu, kelihatannya kereta ini cukup banyak diminati.

KA Pangrango, memiliki rute Bogor – Sukabumi. Selama perjalanan, kereta ini akan berhenti di setiap stasiun. Total ada sekitar 13 yang di lewati kereta ini.

Berikut adalah stasiun yang dilalui:

Stasiun Bogor Paledang – Batu Tulis – Ciomas – Maseng – Cigombong – Cicurug – Cijambe – Parung Kuda Cibadak – Karang Tengah -Pondok Leungsir – Cisaat – Sukabumi.

Jadwal keberangkatan:

Bogor – Sukabumi: pukul 07. 35 WIB, 12.45 WIB, dan 17.55 WIB.

Sukabumi – Bogor : pukul 50.00 WIB, 10.10 WIB, dan 15.20 WIB.

Kereta ini terbagi dalam dua kelas:

– Eksekutif, harga tiket Rp 35.000 / orang

– Ekonomi, harga tiket Rp. 15.ooo / orang.

Eksekutif Class Review:

Selayaknya kereta eksekutif yang nyaman. Penyejuk udara berfungsi dengan sangat baik dan secara terpusat (AC-nya sentral). Gerbong ini bersih.

Namun, gerbong eksekutif ini terletak satu gerbong setelah restoran. Sedangkan, di gerbong belakangnya adalah kelas ekonomi. Jadi, setiap orang yang akan ke restoran, maka pastilah melewati gerbong eksikutif ini. Alhasil  gerbong ini hampir setiap saat dilalui orang. Ada saja penumpang yang mondar mandir lewat untuk menuju atau baru keluar dari restoran.

Di hari ke-2 kereta ini beroperasi (Minggu, 10 November 2013), kelas eksekutif ini hanya tersedia satu gerbong saja.

Economic Class Review:

Aslinya gerbong ekonomi ini tidak ber-AC. Namun dimodifikasi sedemikian rupa sehingga akhirnya tersedia juga penyejuk udara. AC yang digunakan disini adalah AC Split seperti yang biasa di gunakan di rumah. Jumlahnya cukup banyak, tapi dingiinya tidak merata. Bagi yang memang dekat dengan AC tersebut akan merasa dingin, bahkan kedinginan. Tapi bagi yang duduk agak jauh, maka tidak terasa sejuk.

Jumlah bangku cukup banyak. Kombinasinya 3-2. Disatu sisi bisa diisi dengan 3 orang, sedangkan di sisi sampingnya diisi dengan 2 orang.

Posisi bangku saling berhadapan. Hal ini tidak bisa diganggu gugat!!  Jadi ada kemungkinan untuk ‘berjalan mundur’ hingga sampai ke tempat tujuan.

Tips:

Jika bepergian dengan kereta, aku sarankan pilihlah bangku yang agak ditengah. Mungkin dari nomer 5 keatas. Posisi ini relatif jauh dari toilet. As we all know, kadang toilet kurang terjaga kebersihannya. Aromanya jadi agak santer jika kita duduk di posisi yang diujung dekat pintu.

Have a nice traveling🙂

Wassalam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s