Malang Trip: Hotel di Malang & Batu (Part 9)

Mencari penginapan yang cocok gampang-gampang susah. Banyaknya situs-situs online untuk mencari hotel, sangat membantu.

Meskipun ada banyak review tentang hotel yang aku incar, tapi tetap saja masih ada keraguan. Review yang ada juga pro dan kontra. Ada yang bilang ‘bagus’, ‘bersih’, ‘nyaman’, tapi pasti ada juga yang bilang ‘jelek’, kotor’, dsb. Tapi yang paling sulit kalau tidak ada reviewnya sama sekali.

Aku berpikir penginapan atau hotel yang standard saja. Toh aku dan suami seharian pergi. Sedangkan hotel hanya untuk tidur. Dengan pemikiran seperti itu kami pernah mendapat hotel yang lumayan bagus dan cukup bersih, tapi suasanya tidak enak. Kamarnya ‘dingin’. Seperti ada yang mengawasi. Kami menjadi tidak nyaman. Kami pun tidak bisa beristirahat dengan maksimal. Akhirnya mood kami pun terganggu. Maka nuansa liburan jadi kurang terasa. Tapi secara keseluruhan, yang namanya liburan selalu menyenangkan.šŸ™‚

Sejak itu aku akan mencari hotel yang NYAMAN! Tapi tentu tetap disesuaikan dengan budget yang ada. Hotel yang kami pilih untuk berlibur ke Malang adalah Ubud Hotel & Villas. Sedangkan di Batu adalah Hotel Sumber

UBUD HOTEL and VILLAS

Alamat: Jl. Bendungan Sigura-gura Barat 6, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Phone: (0341) 571-313.

Link: http://www.hotelubud-malang.com

Aku memesan hotel ini secara online melalui situs http://www.1001malam.com. Melalui situs tersebut aku mendapat diskon yang lumayan.

Hotel ini terletak agak di dalam (bukan di pinggir jalan raya). Dengan letak yang seperti itu, suasana jadi tenang dan tidak berisik.

Ketika sampai, petugas hotel menyambut kami dengan ramah. Waktu itu kami tiba sekitar jam 13.00 WIB, pada jam ini kamar kami belum siap. Maka Kami menunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Kami pun baru bisa menempati kamar sekitar pukul 14.00 WIB (yang merupakan waktu untuk check in). Di hotel ini aku menempati kamar 303 (River view Deluxe).

Kamarnya bersih dan nyaman. AC-nya dingin. Berkaitan dengan kualitas tidur, aku agak kurang bisa tidur di hotel ini. Entah karena tempatnya asing atau apa. Tapi yang jelas, dari arah restoran seperti ada acara yang memutar musik dengan keras dan sayup-sayup terdengar sampai ke kamarku.

Room 303

Kamar mandi bersih. Tapi agak sempit. Shower dan closet berdekatan. Peralatan mandiĀ  lengkap.

Kamar Mandi

Peralatan Mandi yang Lengkap

Kamar ini tidak memiliki balkon. Tapi jendela yang ada sangat besar. Sehingga aku bisa menikmati pendangan dengan leluasa. Pemandangannya pun cantik sekali.

River view from our room

Kalau mau solat juga tidak sulit, karena sudah ada petunjuk arah kiblatnya.

Di kamar kami ada sebuah TV, tapi sayangnya tidak ada channel luar negri.

Aku dan suami menginap hanya 1 malam di hotel ini. Itu pun tengah malam kami berangkat ke bromo dan baru kembali esok siangnya. Jadi kami tidak sempat mengeksplor fasilitas-fasilitas lain di hotel ini. Bahkan kami belum sempat mencicipi sarapan ala hotel ini. Tapi jika kami berkunjung kembali ke kota Malang, mungkin kami akan menginap di hotel ini lagi.

HOTEL SUMBER

Alamat: Jl. Darsono 14, Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Phone: (0341) 591-467.

Hotel ini agak sulit untuk di-booking melalui online. Oleh karena itu kami booking secara langsung, Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Tapi jika dibandingkan dengan fasilitas yang ada, sebenarnya harga RP. 500.000/ malam termasuk mahal. Namun, hotel ini bersih, tenang, dan sangat nyaman.

Kami sempat tersasar ketika menuju ke hotel ini. Letaknya agak di dalam. Lingkungan sekitarnya adalah rumah penduduk. Hotel ini jauh dari jalan raya, sehingga suasananya sangat tenang. Meskipun demikian, letak hotel ini sangat strategis, karena dekat ke alun-alun kota Batu, dan objek wisata lainnya seperti kawasan wisata Jatim Park (Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green Park, BNS), dan Taman Wisata Selecta.

Di hotel ini, kami menempati kamar 205 di lantai 2. Kamarnya bersih dan nyaman.

Room 205

Kelebihan dari kamar ini adalah:

– Bersih, tenang, nyaman. Kualitas tidur jadi sangat baik.

– Pemandangan di luar kamar sangat indah. Baik siang ataupun malam tetap indah.

– TVĀ  berukuran cukup besar, lengkap dengan channel luar negri.

Pemandangan dari balkon kamar 205

Pemandangan di malam hari

Hotel in juga memiliki kolam renang, Memang tidak terlalu besar, tapi aku rasa cukup untuk para tamu.

Kolam Renang

Kolam Renang (pemandangan dari balkon Kamar 205)

Kekurangan dari kamar ini adalah:

– Ttidak ada AC!! Sebetulnya ini tidak terlalu bermasalah, karena udara di Kota Batu ini cukup dingin. Masalahnya adalah ketika kita baru pulang dan masuk kamar, maka udara di kamar jadi agak sumpek. Pengap gitu. Jadi aku harus membukapintu yang ada di balkon selama sekitar 30 menit sampai 1 jam, agar udara di kamar segar kembali.

– Arah kiblat juga ada, tapi ruangannya agak sempit untuk solat.

– Soket listrik di kamar ini hanya ada 1. Jadi kalau kita membawa beberapa alat elektronik, seperti: smartphone, tab, camera, power bank, maka harus gantian men-charge-nya. Belum lagi kalau mau masak air untuk minum teh, Harus ‘mengalah’Ā  dengan teko listrik. Akhirnya gadget kami jadi pada lowbat, Tidak sempat mengisi ulang baterai.

Kamar mandi cukup luas, bersih dan interiornya bagus. Kamar mandi ini menggunakan hexos (maaf ya kalau penulisannya salah). Tapi jika hexosnya dimatikan, maka kamar mandi jadi sedikit bau. Akhirnya hexos-nya aku nyalakan aterus menerus 24 jam. Di kamar mandi tidak disediakan tissue. Tidak terlalu masalah, karena di kamar tidur ada tissue.

Kamar Mandi

Untuk urusan sarapan, menurutku cukup baik. Menunya tidak jauh-jauh dari nasi goreng, roti, dan buah. Rasanya cukup enak.

Mulai dari satpam,Ā  resepsionis, sampai pelayan di restoran, semuanya ramah.

Secara keseluruhan Hotel Sumber tidak mengecewakan dan tetap menjadi salah satu alternatif penginapan jika kami berkunjung kembali ke kota Batu.

2 thoughts on “Malang Trip: Hotel di Malang & Batu (Part 9)

• hehehe… maksud saya ‘exhaust’. Itu lhoo alat yang seperti kipas angin, tapi biasanya menyatu dengan diding atau langit-langit. Fungsinya untuk menyedot udara dari dalam ruangan dan dibuang ke luar. Jadi sirkulasi udaranya bagus.
      Iya hotel ini cukup nyaman kok. Selamat berliburšŸ™‚