Malang Trip: Jatim Park 2 (Part 7)


Jatim Park 2

Jatim Park 2

 

Alamat:

Jl. Oro-oro Ombo no. 9 (seberang BNS), Kota Wisata Batu, Jawa Timur

Link: http://www.jawatimurpark2.com

Jam Operasional:

10.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket:

Weekday (senin – kamis) : Rp. 65.000

Weekend (jumat – minggu): Rp. 90.000 ( september 2013)

Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2) adalah sebuah tempat wisata keluarga yang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Pohon Inn Hotel.

Sewaktu aku berkunjung ke sini, aku memutuskan untuk membeli tiket terusan (Jatim Park 2 & Eco Green Park) seharga Rp. 110.00/ orang. Selain lebih hemat biaya, juga hemat waktu. Lokasi kedua tempat ini bersebelahan, sehingga sangat mudah di jangkau. Tapi ternyata, seharian di kedua lokasi ini tidak cukup. Banyak wahana yang menarik tapi tidak sempat aku kunjungi. Lain kali jika aku datang lagi ke tempat ini, maka aku akan meluangkan waktu seharian penuh di Eco Green Park, dan seharian penuh di hari yang lain untuk menikmati wisata di Jatim Park 2.

1. BATU SECRET ZOO

Koridor

Koridor

 

Dari berbagai artikel yang aku baca, rata-rata berkomentar positif tentang kebun binatang yang satu ini. Aku pun jadi penasaran.

Saat pertama masuk, aku tak lupa untuk mengambil brosure. ini penting, karena di dalam brosure itu ada petanya. Jadi aku bisa dapat gambaran mengenai wahana yang ada dan yang tak kalah penting seberapa jauh rute yang harus aku tempuh. Setelah sebelumnya aku lelah berkeliling di Eco Green Park, Ternyata Batu Secret Zoo ini jauh lebih luas. Wow, jadi agak lelah.

Lelahku sedikit tidak terasa setelah masuk dan melihat-lihat apa yang ada di kebun binatang ini. Kebun binatang ini ditata dengan modern. Sangat mengesankan. Tidak seperti kebun binatang biasanya. Koleksi binatangnya pun banyak. Binatang yang ada disini terlihat sehat-sehat dan gemuk-gemuk.

Hewan yang ada di sini dikelompokan berdasarkan tema tertentu sehingga menjadi wahana-wahana tersendiri.

KUra-kura

KUra-kura

Buaya

Buaya

berang2(hm… Kurang tau juga ya ini hewan apa, seperti berang2 besar)

  • Willy and Laro

Aku adalah orang pertama yang datang ke tempat pertunjukan. Saat aku datang, bangku penonton masih kosong. Aku memutuskan untuk menunggu sekitar 15 menit, sabil mengistirahatkan kaki yang pegal.

Tak lama kemudian atraksi Singa laut yang bernama Willy dan Laro pun di mulai.

Atraksi Singa Laut Willy and Laro

Atraksi Singa Laut Willy and Laro

 

Setting atraksinya cukup bagus. Atraksinya pun cukup menghibur. Hanya saja sedikit bau amis. Maklum saja, namanya juga hewan air. Jika anda datang ke tempat ini, sebaiknya sempatkan untuk menonton atraksi ini.

  • Safari Farm

Letak wahana ini dekat dengan atraksi singa laut Willy & Laro. Di Safari Farm kita bisa melihat hewan-hewan secara langsung tanpa dibatasi oleh dinding kandang. Kita pun dapat memberi makan hewan-hewan yang ada (mirip seperti di Taman Safari). Bedanya, kalau disini kita naik kendaraan seperti kereta tanpa penutup samping dan lengkap dengan seorang pemandu yang memberi penjelasan. Yang paling penting kendaraan ini GRATIS!!

Wahana ini berlangsung sekitar 10 menit. Hewan yang ditemi antara lain: Singa, harimau (kedua tempat hewan ini tentu dibatasi dengan kanal dan kawat listrik), Bison, Unta, Kancil, Kuda, Lama.

Kancil

Kancil

Banyak dari wisatawan yang memberi makanan yang dijualoleh petugas (Harganya Rp. 10.000/ pack). Hewan-hewan yang ada di wahana ini sangat jinak, mareka kan menghampiri kita untuk minta makan. Lucu sekali.

  • Aquarium

Wahana ini diisi dengan berbagai hewan air yang sangat menakjubkan.

kerang air

Kerang Air

kura2 airKura-kura Air

  • Savana

Wahana ini memiliki setting padang pasir. Hewan-hewan yang ada disini adalah hewan yang identik dengan Afrika.

Zebra

Zebra

elephantGajah

  • Tiger Land

Wahan ini terdiri dari Singa, Harimau, macan, dan hewan lain sejenisnya. Sangat menarik, karena kita betul-betul bisa melihat dari dekat hewan-hewan gagah ini.

Singa yang sedang menangkap ayam

Singa yang sedang menangkap ayam

Menuju kandang setelah selesai sesi foto bersama

Menuju kandang setelah selesai sesi foto bersama

Selain wahana tentang hewan, ada juga wahana permainan untuk anak-anak. Bahkan ada kolam renang. Semua wahana yang ada disini GRATIS!! Tidak dipungut biaya apapun. (Mei 2013).

2. MUSEUM SATWA

Museum Satwa

Museum Satwa

Berbeda dengan museum pada umumnya, museum ini lebih mirip dengan istana. Bangunannya sungguh sangat megah dan cantik. Kebersihannya pun sangat dijaga. Menurutku ini adalah museum modern. Jadi gak bosan untuk ke museum.

Di ruang pertama terdapat sebuang sangkar burung raksasa yang sangat cantik. Kita bisa masuk ke sangkar itu dan berfoto di sana. Sayangnya aku berkunjung ke Museun ini sudah jam 17.00 WIB, yang artinya waktuku tinggal 1 jam. Jadi tidak sempat untuk berfoto.

Sangkar Burung (raksasa)

Sangkar Burung (raksasa)

Ada juga berbagai fosil yang di pajang di beberapa lokasi di museum. Aku tidak tahu pasti itu fosil asli atau palsu (tapi sepertinya sih palsu).

Fosil

Fosil

Museum ini tidak lagi menggunakan lemari kaca untuk menyimpan berbagai koleksi yang di pamerkan. Cara yang digunakan sedikit lebih modern. Diorama yang ditampilkan sangat mirip dengan aslinya.

Diorama Rusa

Diorama Rusa

3. POHON INN HOTEL

Pohon Inn Hotel, jika dilihat dari dalam kebun binatang.

Pohon Inn Hotel, jika dilihat dari dalam kebun binatang.

Persis diantara Batu Secret Zoo dan Museum Satwa ada sebuah penginapan yang bernama Pohon Inn Hotel. Awalnya aku berencana untuk menginap di sini. Tapi karena ada satu dan lain hal aku memutuskan untuk menginap di tempat lain.

Kelebihan dari hotel ini tentu saja letaknya yang berada di kawasan Jatim Park 2, sehingga sangat dekat dengan tempat wisata. Jika dilihat dari luar, bentuk bangunan dari hotel ini mirip sebuah pohon. Sungguh sangat unik.

4 thoughts on “Malang Trip: Jatim Park 2 (Part 7)

  1. beda sekali sama KBS mendekat aja malas. lain kalo batu secret zoo seharian di sinipun betah. salut saya sama pengurusannya yg professional dan modern. harga sebanding dengan kualitas

    • Iya Zoo yang satu ini keren ya. Malah menurut saya lebih bagus dari taman safari.
      Cuma sayang kalo dari Jakarta, Batu Secret Zoo jauuh..

      Tapi Kalo KBS kayaknya lebih terkenal deh mas dibanding kebun binatang yang lain. Soalnya Sering masuk TV. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s