Perpanjangan STNK dan TNKB


Biasanya aku menggunakan biro jasa untuk perpanjang TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), tapi kali ini aku ingin mengurusnya sendiri. Lumayanlah, kan uang Rp. 50.000 yang untuk biro jasa jadi ‘selamat’.

Selasa, 23 April 2013

Aku pergi ke Samsat Jakarta Timur. Lebih tepatnya di kawasan kebon nanas.
Di pintu gerbang, ada yang memberitahuku untuk ‘langsung gesek’. Aku heran dan tidak mengerti. Setelah bertanya lebih lanjut ternyata kendaraannya perlu digesek.

Tahap demi tahap pun dilakukan.

Tahap 1: Cek Fisik

image

Antrian mobil untuk menjalani cek fisik

Kendaraan mengantri untuk dilakukan cek fisik oleh petugas.
image

Setelah tiba gilirannya dicek, petugas akan menggesek nomor mesin dan nomor rangka.
image

Aku sedikit panik ketika melihat petugas lain memegang formulir ketika mengecek. Takutnya aku harus mengambil form dulu. Tapi ternyata formulirnya sudah disediakan oleh petugas. Baguslah. Hehe…

Sambil mengecek, petugas itu bertanya, “ini untuk apa?”
Aku agak kaget, kok pake ditanya toh… bukannya semua kendaraan yang digesek karena platnya sudah mau expire??
Lalu aku jawab, “mau ganti plat pak, kan udah mau abis.”
“Oo.. perpanjang”. Kata petugas.
Karena penasaran, aku bertanya balik, “emangnya selain perpanjang STNK, untuk apa lagi pak?”
“Ya.. kan bisa ganti nama, atau mutasi “. Jelasnya.
Ow.. ternyata begitu rupanya.

Ohya.. hampair lupa, tahap ini GRATIS!!!! Tidak dipungut biaya apapun.

Tahap 2: Stempel

Setelah selesai cek fisik, aku memarkirkan kendaaran ditempat terdekat. Kemudian langsung bergegas ke sebuah bangunan disamping tempat cek fisik tadi. Tapi sayangnya sudah loketnya tutup untuk istirahat. Terpaksa deh menunggu 1 jam sampai loket dibuka kembali.

image

Jam 13.00 loket dibuka kembali. Di bangunan ini ada 5 loket, yang terdiri dari:
Loket 1: Tukar nama
Loket 2: Mutasi
Loket 3: Legalisir
Loket 4: Perpanjang STNK
Loket 5: (tempat mengambil form yang sudah distempel)

Karena aku mau perpanjang STNK, maka aku pergi ke loket 4 dengan menyerahkan formulir cek fisik dan STNK asli.

image

Formulir cek fisik

Setelah itu aku menunggu panggilan dari loket 5. Setelah dipanggil, petugas menyerahkan form cek fisik yang sudah distempel berikut STNK asli. Lalu aku diarahkan untuk ke gedung utama.

(Tahap ini juga GRATIS!!)

Tahap 3: Finishing
Di gedung utama aku mendatangi loket tempat mengambil formulir (gratis) dan mengisinya
image

Setelah itu, dari pintu masuk gedung tadi, aku belok kanan. Aku kembali menemukan jajaran loket.

image

Loket 1: Pendaftaran (paling kanan)
Di loket ini aku menyerahkan beberapa dokumen:
* form cek fisik
* STNK asli dan 1 lbr fotokopi
* KTP asli dan 1 lbr fotokopi
* 1 lbr fotokopi BPKB

Kemudian aku diberi no antrian dan menunggu panggilan di loket 2.

Loket 2: Notice
Setelah beberapa menit menunggu, nomor ku pun akhirnya dipanggil. Petugas di loket 2 menyerahkan invoice yang harus dibayar. Wow ternyata banyak juga yang harus dibayar!!

Loket 3 & 4: Kasir
(Hmmm….. giliran kasir loketnya sampe ada 2!! Ga perlu ngantri pula).
Bayarlah sesuai dengan invoice. Sebaiknya bayar dengan UANG PAS. Dari pengalamanku kalau tidak dengan uang pas, kembaliannya suka kurang.

Loket 5: Pengambilan STNK dan TNKB

image

Loket 5

Setelah bayar aku harus menungu…. menunggu…. dan menunggu lagi…. kali ini hampir 30 menit.
Bikin platnya itu lhoo… yang agak lama. Tapi penantian akhirnya berakhir juga, namaku dipanggil. STNK dan TNKB pun segera ditangan.
Alhamdulillah semua proses selesai.🙂

Tapi aku masih punya tips:
1. Sebaiknya tidak menggunakan calo. Ditempat cek fisik ada banyak calo yang menawarkan jasa.
2. Sebaiknya fotokopi ktp, stnk dan bpkb disiapkan dari rumah, karena dengar-dengar kalau fotokopi disini jauh dan antri (lagi).
3. Untuk kendaraan roda 2, tempat cek fisik terletak sebelum tempat cek fisik mobil.

Semoga bermanfaat.

Wassalam.

Leave a Reply

