Buku: If I Should Speak


if i should speak

If I Should Speak adalah sebuah novel yang istimewa. Novel ini bercerita tentang seorang mahasiswi bernama Tamika yang menjadi mualaf. Tapi, menjadi mualaf,  itu tentu di akhir cerita. Sedangkan bagian yang menariknya adalah prosesnya bagaimana dan mengapa ia menjadi seorang mualaf.

Tamika adalah seorang  Afrika- Amerika yang sedang kuliah di sebuah universitas di Georgia Amerika serikat.  Awalnya ia mencari tahu tentang islam hanya untuk tugas kuliahnya saja. Kebetulan ia mendapat teman sekamar dua orang muslim. Tamika banyak bertanya dan berdiskusi dengan teman-teman sekamarnya. Tapi berbagai informasi yang ia terima mempengaruhi keimanannya. Pergulatan batin dan juga logika menghantuinya.

Bagi saya, yang membuat novel ini istimewa adalah, novel ini berani mencantumkan reverensi yang cukup ‘berat’ untuk ukuran novel. Tak tanggung-tanggung, di novel ini tercantum reverensi dari Al-Quran dan juga Alkitab. Ya, Potongan ayat ada di beberapa tempat. Tema yang dibahas di dalam ayat itu juga bukan tema yang ringan.

Novel ini cukup memberikan inspirasi bagi saya.khususnya dalam menangani teman-teman agama lain yang bertanya tentang agama saya, yaitu Islam.

-Wassalam-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s